Minggu, 07 Mei 2017

RPP PAI Kelas VII Materi Pokok AMANAH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Disusun guna memenuhi tugas:
Mata Kuliah    : Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu : Muchamad Fauyan, M. Pd.


 
Disusun oleh:
Rizka Barokah                        2021114117

Kelas : C

JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PEKALONGAN
2017







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP N 02 Wonopringgo
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema                           : Akhlak
Subtema                      : Perilaku Terpuji
Kelas/Semester            : VII/1
Materi Pokok                          : Amanah
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit (1 pertemuan)

A.           Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 2: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.            Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1    Siswa mampu Memahami Makna Amanah
1.1.1        Siswa mampu Menjelaskan pengertian Amanah.
1.1.2        Siswa mampu Menjelaskan Macam-macam bentuk Amanah, beserta menunjukkan dalil naqlinya.
1.1.3        Siswa mampu menjelaskan Hikmah dari berperilaku Amanah.
1.1.4        Siswa mampu menyebutkan contoh dari macam-macam bentuk Amanah.
1.1.5        Siswa mampu menerapkan perilaku Amanah dalam kehidupan sehari-hari.

C.            Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan scientific peserta didik dapat:
1.        Memahami pengertian Amanah.
2.        Siswa mampu menjelaskan macam-macam bentuk Amanah.
3.        Siswa mampu menyebutkan contoh dari macam-macam bentuk Amanah
4.        Memahami  Hikmah dari berperilaku Amanah
5.        Siswa mampu menerapkan perilaku Amanah dalam kehidupan sehari-hari.
D.           Materi  Pembelajaran
1.           Pengertian Amanah
Amanah artinya terpercaya (dapat dipercaya). Amanah juga berarti pesan yang dititipkan dapat disampaikan kepada orang yang berhak. Amanah berkaitan erat dengan tanggung jawab. Orang yang menjaga amanah biasanya disebut orang yang bertanggung jawab. Sebaliknya, orang yang tidak menjaga amanah disebut orang yang tidak bertanggung jawab.
2.           Macam-macam bentuk Amanah, beserta dalilnya
a.       Amanah terhadap Allah Swt. Amanah ini berupa ketaatan akan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Allah Swt berfirman.


Artinya: “ wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad), dan juga janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (Q.S Al-Anfal ayat 27).
Contoh amanah kepada Allah yaitu menjalankan semua yang diperintahkan dan meninggalkan semua yang dilarangnya.
b.      Amanah terhadap sesama Manusia. Amanah ini meliputi hak-hak antarsesama manusia. Allah Swt berfirman:


Artinya: “ Sesungguhnya Allah Swt. Menyuruh kamu untuk menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya. (Q.S An-Nisa ayat 58).
Contoh: ketika dititipi pesan atau barang, maka kita harus menyampaikan kepada yang berhak.
c.       Amanah terhadap diri sendiri. Amanah ini dijalani dengan memelihara dan menggunakan segenap kemampuannya demi menjaga kelangsungan hidup, sejahtera, dan kebahagiaan diri. Allah Swt berfirman:


Artinya: “ Dan (sungguh-sungguh) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya.” (Q.S Al-Mu’minun ayat 8)
3.           Hikmah berperilaku Amanah
Orang yang berbuat baik kepada orang lain, sungguh ia telah berbuat baik kepada diri sendiri. Sikap amanah memiliki dampak positif bagi diri sendiri. Hikmah amanah sebagai berikut:
a.       Dipercaya orang lain, ini merupakan modal yang , sangat berharga dalam menjalani hubungan atau berinteraksi antara sesama manusia.
b.      Mendapatkan simpati dari semua pihak, baik kawan maupun lawan.
c.       Hidupnya akan sukses dan dimudahkan oleh Allah Swt.
4.           Perilaku Amanah dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjaga titipan dan mengembalikannya seperti keadaan semula. Apabila kita dititipi sesuatu oleh orang lain, misalnya barang berharga, emas, rumah, maka kita harus menjaganya dengan baik.
b.      Menjaga rahasia. Apabila kita dipercaya untuk dipercaya untuk menjaga rahasia, baik itu rahasia pribadi, rahasia keluarga, atau rahasia organisasi, maka kita wajib menjaganya supaya tidak bocor kepada orang lain.
c.       Tidak menyalahgunakan jabatan. Jabatan adalah amanah yang wajib dijaga, apabila kita diberi jabatan dalam bentuk apapun, maka kita harus menjaga amanah tersebut.
E.            Metode Pembelajaran
1.           Metode diskusi, metode ceramah.
2.           Pendekatan  Scientific
F.             Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.           Media
a.       Media audiovisual: Video Amanah
2.           Alat/Bahan
a.       LCD Proyektor
b.      pengeras suara
c.       Laptop
3.           Sumber Belajar
a.       Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik (ketua kelas) dengan khidmat.
2.      Guru memulai pembelajaran dengan membaca do’a sebelum belajar dan ayat pilihan bersama-sama.
3.      Guru memperhatikan kesiapan peserta didik dengan mengisi daftar kehadiran serta memeriksa kerapian pakaian dan posisi tempat duduk peserta didik.
4.      Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
5.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.
6.      Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok sesuai dengan yang dibutuhkan.
7.      Menyampaikan tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
15 Menit
Kegiatan Inti
1.      Mengamati:
a.    Ditayangkan video interaktif tentang Amanah, Peserta didik diminta mengamati dan menyimak tayangan tersebut.
b.    Diinformasikan kepada peserta didik nanti ada tugas terkait dengan materi pembelajaran.
2.      Menanya:
a.    Peserta didik kepada guru atau antar pesertadidik melakukan tanya jawab segala sesuatu yang berkaitan dengan materi pembelajaran atau terkait dengan tugas.
3.      Eksperimen/Explore:
a.    Secara individu menjelaskan tayangan dari video interaktif tersebut.
b.    Sebelum berdiskusi/berkelompok, guru menjelaskan materi dalam power point selama kurang lebih 10 menit.
c.    Peserta didik secara berkelompok mengerjakan tugas yang berkaitan dengan materi pembelajaran dalam bentuk cerita pengalaman pribadi.
4.       Mengasosiasi:
a.    Peserta didik secara berkelompok mencoba menuliskan serta menyimpulkan cerita pengalaman hidup yang telah dibuat.
b.    Peserta didik mempersiapkan diri secara berkelompok untuk menampilkan hasil tugas dan mendiskusikan bagaimana teknik menampilkan hasil tugas yang dapat menarik perhatian dan tidak monoton.
5.      Mengkomunikasikan:
a.    Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil tugas yang sudah jadi di depan kelas dengan berbagai kreasi dari kelompoknya masing-masing.
b.    Peserta didik secara berkelompok atau individu menanggapi pendapat, kritik dan saran dari kelompok lain.
90 Menit
Penutup
1.      Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama pembelajaran yang sudah berlangsung.
2.      Guru bersama-sama dengan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.      Guru memberikan reward kepada “Kelompok terbaik”.
4.      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdo’a membaca surat Al-‘Asr , do’a sapujagad dan sholawat atas Nabi.
15 Menit


















H.           Penilaian 
1.        Sikap
a.         Jenis/teknik penilaian : Observasi
b.         Bentuk instrumen dan instrumen : Lembar Observasi

No

Aspek Pengamatan
selalu
sering
jarang
tidak pernah
skor 4
skor 3
skor 2
skor 1
1
Keterbukaan




2
Ketekunan




3
Kerajinan




4
Tanggung jawab




5
Kedisiplinan




6
Kerjasama




7
Ramah dengan teman




Skor





c.         Pedoman penskoran
Skor yang diperoleh
-----------------------------  X  100  =   ---------    
Skor maksimal
2.        Pengetahuan
a.         Jenis/teknik penilaian: Tes tertulis
b.         Bentuk Instrumen: Isian
c.         Instrumen:
1)        Jelaskan pengertian Amanah?
2)        Sebut dan jelaskan macam-macam bentuk Amanah?
3)        Tuliskan terjemahan beserta Ayat yang berkaitan dengan bentuk Amanah (  Amanah kepada Allah Swt)?
4)        Sebutkan contoh amanah dalam kehidupan sehari-hari?
5)        Sebutkan hikmah dari berperilaku Amanah?
d.        Pedoman penskoran: Setiap soal nilainya 20 (jawaban betul x 5 =..)
3.        Keterampilan
a.         Jenis/teknik penilaian: Performance/Praktik
b.         Bentuk instrumen dan instrumen : Lembar Observasi
                        Menulis Cerita Pengalaman Hidup
Aspek yang dinilai
Skor
Maksimal
Perolehan
Skor
·   Keruntutan cerita
20

·   Kesesuaian dengan tema
20

·   Kesesuaian dengan EYD
20

·   Panjangnya tulisan
20

·   Penyajian/presentasi
20

Skor Total

                                                           
Pekalongan,_____________
Pengembang RPP,




Rizka Barokah
Nim: 2021115117










No
Indikator Pembelajaran
Media yang digunakan
Langkah-langkah pengembangan/pemanfaatan
Alasan
1
Menjelaskan pengertian Amanah.
Ppt
Saya akan membuat media interaktif yang berisi materi pembelajaran tentang amanah dengan fasilitas aplikasi Ms.PowerPoint.
Ppt terdiri dari 9 slide, 1 slide judul, 1 slide berisi peta konsep, 5 slide berisi materi, 1 slide latihan.
Dengan menggunakan PowerPoint peserta didik termotivasi untuk mengikuti pelajaran, dengan PowerPoint materi bisa disajikan secara singkat, namun inti materi tetap bisa tersampaikan.
2
Menjelaskan Macam-macam bentuk Amanah,beserta menunjukkan dalil naqlinya.

Video
Saya akan mencari sumber belajar berupa video Amanah dari youtube.
Dengan menggunakan video pembelajaran tidak monoton, video sebagai alat bantu untuk memahamkan peserta didik ketika kurang paham penjelasan dari guru.
3
Menjelaskan hikmah dari berperilaku Amanah.



4
Menyebutkan contoh dari macam-macam bentuk Amanah.



5
Menerapkan perilaku Amanah dalam kehidupan sehari-hari.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Disusun guna memenuhi tugas:
Mata Kuliah    : Teknologi Pendidikan
Dosen Pengampu : Muchamad Fauyan, M. Pd.



Disusun oleh:
Rizka Barokah                        2021114117

Kelas : C

JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PEKALONGAN
2017






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP N 02 Wonopringgo
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema                           : Akhlak
Subtema                      : Perilaku Terpuji
Kelas/Semester            : VII/1
Materi Pokok                          : Amanah
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit (1 pertemuan)

A.           Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 2: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.            Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1    Siswa mampu Memahami Makna Amanah
1.1.1        Siswa mampu Menjelaskan pengertian Amanah.
1.1.2        Siswa mampu Menjelaskan Macam-macam bentuk Amanah, beserta menunjukkan dalil naqlinya.
1.1.3        Siswa mampu menjelaskan Hikmah dari berperilaku Amanah.
1.1.4        Siswa mampu menyebutkan contoh dari macam-macam bentuk Amanah.
1.1.5        Siswa mampu menerapkan perilaku Amanah dalam kehidupan sehari-hari.

C.            Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan scientific peserta didik dapat:
1.        Memahami pengertian Amanah.
2.        Siswa mampu menjelaskan macam-macam bentuk Amanah.
3.        Siswa mampu menyebutkan contoh dari macam-macam bentuk Amanah
4.        Memahami  Hikmah dari berperilaku Amanah
5.        Siswa mampu menerapkan perilaku Amanah dalam kehidupan sehari-hari.
D.           Materi  Pembelajaran
1.           Pengertian Amanah
Amanah artinya terpercaya (dapat dipercaya). Amanah juga berarti pesan yang dititipkan dapat disampaikan kepada orang yang berhak. Amanah berkaitan erat dengan tanggung jawab. Orang yang menjaga amanah biasanya disebut orang yang bertanggung jawab. Sebaliknya, orang yang tidak menjaga amanah disebut orang yang tidak bertanggung jawab.
2.           Macam-macam bentuk Amanah, beserta dalilnya
a.       Amanah terhadap Allah Swt. Amanah ini berupa ketaatan akan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Allah Swt berfirman.


Artinya: “ wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad), dan juga janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (Q.S Al-Anfal ayat 27).
Contoh amanah kepada Allah yaitu menjalankan semua yang diperintahkan dan meninggalkan semua yang dilarangnya.
b.      Amanah terhadap sesama Manusia. Amanah ini meliputi hak-hak antarsesama manusia. Allah Swt berfirman:


Artinya: “ Sesungguhnya Allah Swt. Menyuruh kamu untuk menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya. (Q.S An-Nisa ayat 58).
Contoh: ketika dititipi pesan atau barang, maka kita harus menyampaikan kepada yang berhak.
c.       Amanah terhadap diri sendiri. Amanah ini dijalani dengan memelihara dan menggunakan segenap kemampuannya demi menjaga kelangsungan hidup, sejahtera, dan kebahagiaan diri. Allah Swt berfirman:


Artinya: “ Dan (sungguh-sungguh) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya.” (Q.S Al-Mu’minun ayat 8)
3.           Hikmah berperilaku Amanah
Orang yang berbuat baik kepada orang lain, sungguh ia telah berbuat baik kepada diri sendiri. Sikap amanah memiliki dampak positif bagi diri sendiri. Hikmah amanah sebagai berikut:
a.       Dipercaya orang lain, ini merupakan modal yang , sangat berharga dalam menjalani hubungan atau berinteraksi antara sesama manusia.
b.      Mendapatkan simpati dari semua pihak, baik kawan maupun lawan.
c.       Hidupnya akan sukses dan dimudahkan oleh Allah Swt.
4.           Perilaku Amanah dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjaga titipan dan mengembalikannya seperti keadaan semula. Apabila kita dititipi sesuatu oleh orang lain, misalnya barang berharga, emas, rumah, maka kita harus menjaganya dengan baik.
b.      Menjaga rahasia. Apabila kita dipercaya untuk dipercaya untuk menjaga rahasia, baik itu rahasia pribadi, rahasia keluarga, atau rahasia organisasi, maka kita wajib menjaganya supaya tidak bocor kepada orang lain.
c.       Tidak menyalahgunakan jabatan. Jabatan adalah amanah yang wajib dijaga, apabila kita diberi jabatan dalam bentuk apapun, maka kita harus menjaga amanah tersebut.
E.            Metode Pembelajaran
1.           Metode diskusi, metode ceramah.
2.           Pendekatan  Scientific
F.             Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.           Media
a.       Media audiovisual: Video Amanah
2.           Alat/Bahan
a.       LCD Proyektor
b.      pengeras suara
c.       Laptop
3.           Sumber Belajar
a.       Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik (ketua kelas) dengan khidmat.
2.      Guru memulai pembelajaran dengan membaca do’a sebelum belajar dan ayat pilihan bersama-sama.
3.      Guru memperhatikan kesiapan peserta didik dengan mengisi daftar kehadiran serta memeriksa kerapian pakaian dan posisi tempat duduk peserta didik.
4.      Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
5.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.
6.      Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok sesuai dengan yang dibutuhkan.
7.      Menyampaikan tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
15 Menit
Kegiatan Inti
1.      Mengamati:
a.    Ditayangkan video interaktif tentang Amanah, Peserta didik diminta mengamati dan menyimak tayangan tersebut.
b.    Diinformasikan kepada peserta didik nanti ada tugas terkait dengan materi pembelajaran.
2.      Menanya:
a.    Peserta didik kepada guru atau antar pesertadidik melakukan tanya jawab segala sesuatu yang berkaitan dengan materi pembelajaran atau terkait dengan tugas.
3.      Eksperimen/Explore:
a.    Secara individu menjelaskan tayangan dari video interaktif tersebut.
b.    Sebelum berdiskusi/berkelompok, guru menjelaskan materi dalam power point selama kurang lebih 10 menit.
c.    Peserta didik secara berkelompok mengerjakan tugas yang berkaitan dengan materi pembelajaran dalam bentuk cerita pengalaman pribadi.
4.       Mengasosiasi:
a.    Peserta didik secara berkelompok mencoba menuliskan serta menyimpulkan cerita pengalaman hidup yang telah dibuat.
b.    Peserta didik mempersiapkan diri secara berkelompok untuk menampilkan hasil tugas dan mendiskusikan bagaimana teknik menampilkan hasil tugas yang dapat menarik perhatian dan tidak monoton.
5.      Mengkomunikasikan:
a.    Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil tugas yang sudah jadi di depan kelas dengan berbagai kreasi dari kelompoknya masing-masing.
b.    Peserta didik secara berkelompok atau individu menanggapi pendapat, kritik dan saran dari kelompok lain.
90 Menit
Penutup
1.      Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama pembelajaran yang sudah berlangsung.
2.      Guru bersama-sama dengan peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.      Guru memberikan reward kepada “Kelompok terbaik”.
4.      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.      Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdo’a membaca surat Al-‘Asr , do’a sapujagad dan sholawat atas Nabi.
15 Menit


















H.           Penilaian 
1.        Sikap
a.         Jenis/teknik penilaian : Observasi
b.         Bentuk instrumen dan instrumen : Lembar Observasi

No

Aspek Pengamatan
selalu
sering
jarang
tidak pernah
skor 4
skor 3
skor 2
skor 1
1
Keterbukaan




2
Ketekunan




3
Kerajinan




4
Tanggung jawab




5
Kedisiplinan




6
Kerjasama




7
Ramah dengan teman




Skor





c.         Pedoman penskoran
Skor yang diperoleh
-----------------------------  X  100  =   ---------    
Skor maksimal
2.        Pengetahuan
a.         Jenis/teknik penilaian: Tes tertulis
b.         Bentuk Instrumen: Isian
c.         Instrumen:
1)        Jelaskan pengertian Amanah?
2)        Sebut dan jelaskan macam-macam bentuk Amanah?
3)        Tuliskan terjemahan beserta Ayat yang berkaitan dengan bentuk Amanah (  Amanah kepada Allah Swt)?
4)        Sebutkan contoh amanah dalam kehidupan sehari-hari?
5)        Sebutkan hikmah dari berperilaku Amanah?
d.        Pedoman penskoran: Setiap soal nilainya 20 (jawaban betul x 5 =..)
3.        Keterampilan
a.         Jenis/teknik penilaian: Performance/Praktik
b.         Bentuk instrumen dan instrumen : Lembar Observasi
                        Menulis Cerita Pengalaman Hidup
Aspek yang dinilai
Skor
Maksimal
Perolehan
Skor
·   Keruntutan cerita
20

·   Kesesuaian dengan tema
20

·   Kesesuaian dengan EYD
20

·   Panjangnya tulisan
20

·   Penyajian/presentasi
20

Skor Total

                                                           
Pekalongan,_____________
Pengembang RPP,




Rizka Barokah
Nim: 2021115117










No
Indikator Pembelajaran
Media yang digunakan
Langkah-langkah pengembangan/pemanfaatan
Alasan
1
Menjelaskan pengertian Amanah.
Ppt
Saya akan membuat media interaktif yang berisi materi pembelajaran tentang amanah dengan fasilitas aplikasi Ms.PowerPoint.
Ppt terdiri dari 9 slide, 1 slide judul, 1 slide berisi peta konsep, 5 slide berisi materi, 1 slide latihan.
Dengan menggunakan PowerPoint peserta didik termotivasi untuk mengikuti pelajaran, dengan PowerPoint materi bisa disajikan secara singkat, namun inti materi tetap bisa tersampaikan.
2
Menjelaskan Macam-macam bentuk Amanah,beserta menunjukkan dalil naqlinya.

Video
Saya akan mencari sumber belajar berupa video Amanah dari youtube.
Dengan menggunakan video pembelajaran tidak monoton, video sebagai alat bantu untuk memahamkan peserta didik ketika kurang paham penjelasan dari guru.
3
Menjelaskan hikmah dari berperilaku Amanah.



4
Menyebutkan contoh dari macam-macam bentuk Amanah.



5
Menerapkan perilaku Amanah dalam kehidupan sehari-hari.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poster Amanah